Windows

Kenapa Windows 10 Selalu Update?

Kenapa Windows 10 Selalu Update

Jika kamu adalah pengguna sistem Operasi Windows 10, kamu tentu bertanya-tanya Kenapa Windows 10 Selalu Update?

Bahkan beberapa waktu lalu saya pernah merasakan ketika Windows 10 selalu melakukan update beberapa kali dalam kurun waktu 1 hari.

Windows 10 sebagai sistem operasi terbaru yang paling banyak digunakan di dunia, tentu menginginkan sistem operasinya berjalan sesuai dengan harapan mereka.

Namun Windows Update justru menjadi masalah ketika komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang rendah dan koneksi internet yang pelan.

Karena Windows Update memerlukan internet untuk mengunduh semua file update, maka pada jaringan internet yang pelan, windows Update bisa memakan waktu yang sangat lama. Belum lagi membuat koneksi internet menjadi semakin pelan.

Lalu pada komputer dengan spesifikasi rendah, Windows Update bisa membuat kinerja Windows 10 terasa sedikit lebih berat dibanding biasanya. Baterai laptop pun terpengaruh jika Windows Update selalu berjalan hampir setiap waktu.

Lalu apa alasan Windows 10 Selalu Update? berikut ini jawabannya. Baca Juga: Cara Mematikan Auto Update Windows 7 (Dengan Video)

Alasan Mengapa Windows 10 Selalu Update?

Kenapa Windows 10 Selalu Update 2

Proses Windows Update

1. Meningkatkan Keamanan Windows 10

Sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, Windows 10 harus selalu memastikan bahwa sistem operasinya aman dari tangan-tangan jahil diluar sana.

Semakin banyak sebuah produk digunakan, maka semakin besar kemungkinan produk tersebut “diakali” oleh orang lain.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Pengembang Windows 10 secara rutin melakukan penelitian dan serangkaian test guna memastikan tidak ada celah sedikit pun yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

Baca Juga: 9 Cara Mempercepat Windows 10 Laptop & PC (Ampuh 100%)

2. Memastikan Sistem Operasi Berjalan Sesuai Keinginan Pelanggan

Windows 10 dan android memiliki sedikit kemiripan, yaitu sama-sama memiliki jaringan komunitas pengguna yang aktif.

Komunitas pengguna tersebut secara aktif selalu memberikan masukan kepada pengembang Windows 10.

Masukan-masukan tersebut diteliti lebih lanjut dan jika masukan tersebut dirasa bermanfaat, maka Windows 10 akan menerapkan masukan tersebut menjadi sebuah fitur baru atau mengurangi fitur yang sudah ada sebelumnya.

3. Memperbaiki Error

Windows 10 memiliki sistem error reporting terintegrasi didalam sistem operasi sehingga ketika sebuah Komputer atau Laptop dengan sistem operasi Windows 10 mengalami error, sistem akan secara otomatis melapor ke server pusat.

Data yang diterima akan diteliti dan pengembang akan langsung memulai proses perbaikan, berdasarkan laporan yang dikirim dari komputer pengguna Sistem Operasi Windows 10.

4. Mempertahankan Kompabilitas

Jika kamu perhatikan, dalam satu tahun kamu bisa menerima kabar bahwa beberapa Processor, Graphic Card dan komponen komputer lain baru saja dirilis.

Pengembang Windows 10 harus selalu memastikan bahwa Sistem Operasinya bisa bekerja dengan maksimal dengan komponen-komponen baru tersebut.

Biasanya pada kasus seperti ini, Windows 10 bekerja sama dengan pengembang hardware mainstream guna memecahkan masalah yang mungkin timbul karena ketidak sesuaian antara cara kerja sebuah hardware dengan Windows 10.

5. Memuaskan Pengguna

Yang paling utama adalah Windows Update dilakukan agar pengguna selalu merasa puas karena kebuthannya terakomodir oleh Windows 10.

Kepuasan Pengguna merupakan salah satu kunci kesuksesan Windows 10.

Mungkin beberapa diantara kamu merasa bahwa Windows 10 tidak melakukan perubahan apa-apa setelah Update.

Namun salah satu alasan mengapa kamu tetap menggunakan Windows 10 hingga saat ini adalah karena secara tidak sadar, kamu puas setelah tidak pernah merasa ada yang kurang dengan Windows 10.

Itu semua karena Windows Update.

Bagaimana Cara Mematikan Windows Update ?

Baca artikel berikut: Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Selamanya.

Pada artikel tersebut, dijelaskan bahwa ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin mematikan windows update.

Tentang penulis

Giswara Darusman

Founder dan penulis di Itnesia.com sejak 2017.

Punya Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar berikut ini: