Rakit PC

Apa Itu Bottleneck? Mau Rakit PC Baca Dulu Artikel Ini

Bottleneck secara umum adalah suatu kondisi dimana performa atau kapasitas dari sebuah sistem terhambat oleh sebuah komponen yang tidak relevan.

Jika kamu melihat leher pada botol, maka kamu bisa lebih memahami konsep dasar dari Bottleneck ini.

Botol yang besar dibawah lalu mengecil pada lubang atas akan memperlambat cairan atau benda lain yang ada didalam botol untuk keluar.

Lalu pada dunia PC, istilah Bottleneck sering sekali kita dengar terutama saat hendak memilih Processor dan GPU. Apa itu Bottleneck pada PC? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Rakit PC Baru Terbaik Untuk Gaming & Workstation 2019

Apa Itu Bottleneck Pada PC?

Apa Itu Bottleneck Ilustrasi CPU Bottlenecking

Ilustrasi CPU Bottlenecking

Bottleneck CPU atau Processor adalah kondisi ketika CPU tidak mampu berjalan dengan selaras dengan komponen lain (biasanya dengan GPU/VGA) pada saat menjalankan skenario tugas tertentu.

Begitu pula VGA Bottleneck adalah kondisi ketika VGA tidak bisa bekerja dengan kemampuan maksimalnya pada tugas-tugas tertentu, ketika dipasang dengan CPU yang pelan

Simplenya, bayangkan CPU adalah pengantar tepung, dan VGA/GPU adalah pembuat roti.

Jika CPU mengantar tepung dengan sangat cepat dibanding VGA membuat roti, VGA mengalami Bottleneck, tapi tidak apa-apa karena Roti tetap dibuat sesuai dengan kemampuan VGA.

Baca Juga: Rakit PC Gaming 2 Jutaan Bisa Main Fortnite (1080p High)

Konfigurasi Bottleneck Ekstrim Core 2 Quad Lawas Dipasang RTX 2080 Ti

Konfigurasi Bottleneck Ekstrim Core 2 Quad Lawas Dipasang RTX 2080 Ti

Namun jika VGA yang hendak membuat roti harus menunggu lama karena CPU lambat dalam mengantarkan tepung, maka CPU mengalami Bottleneck dan proses pembuatan roti akan terhambat.

Gejala Atau Ciri-Ciri Bottleneck

Biasanya, ketika bermain game-game berat kamu akan mendapati angka FPS berada di bawah rata-rata, lambat bahkan hingga patah-patah sampai game tidak playable.

Ketika kamu menggunakan sebuah GPU/VGA high-end misalnya, lalu dipasang pada sistem dengan processor yang kurang sesuai, maka performa GPU/VGA tersebut akan tertahan.

Setiap game dibuat dengan konfigurasi penggunaan resource yang berbeda. Untuk itu, sangat disarankan kamu mengetahui processor apa yang direkomendasikan untuk game yang ingin kamu mainkan.

Misalnya ketika kamu memainkan game yang hanya menggunakan 2 core processor tidak bisa lebih, maka kamu harus menggunakan processor yang performa single core nya kuat.

Ketika kamu menggunakan processor 4 core, namun dengan performa single core nya lemah, maka meski game hanya menggunakan 2 core processor, Bottleneck biasanya akan terjadi.

Baca Juga: Rakit PC Gaming 3 Jutaan Bisa Main PUBG Steam 40 FPS

Cara Menghindari Bottleneck

Mudahnya, usahakan gunakan processor yang rasio harganya mendekati atau lebih mahal dibanding VGA/GPU.

Tapi sekarang harga VGA kan mahal? Ya, maksud dari kalimat diatas adalah usahakan kamu untuk menggunakan Processor yang reputasi performanya lebih “high-end” dibanding VGA nya.

Baca Juga: Rakit PC Gaming 5 Juta Intel 2019 Coffee Lake & DDR4

Ingat pada analogi Tepung dan Roti yang dijelaskan sebelumnya. Memiliki sebuah PC dengan CPU yang pelan namun VGA yang sangat kencang tidak akan membuat PC tersebut lebih baik performanya dibanding PC dengan CPU dan VGA yang sama-sama pelan.

Kira-kira itulahtadi penjelasan mengenai apa itu bottleneck pada sistem PC.

Tentu artikel ini jauh dari kata sempurna karena saya menggunakan kalimat2 yang sederhana yang mudah untuk saya pahami begitu pula untuk teman-teman (mudah-mudahan)

Tentang penulis

Giswara Darusman

Founder dan penulis di Itnesia.com sejak 2017.

Punya Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar berikut ini: