BerandaAndroidCara Setting LDPlayer Agar Tidak Lag

Cara Setting LDPlayer Agar Tidak Lag

LDPlayer adalah salah satu emulator android alternatif selain bluestack yang banyak digunakan untuk bermain game seperti PUBG.

Seperti Emulator Android pada umumnya, performa LDPlayer terasa berat bahkan tidak bisa berjalan sama sekali pada PC dengan spesifikasi tertentu.

Jika kamu memiliki masalah dengan LDPlayer, coba lakukan 3 langkah mudah berikut ini:

1. Download LDplayer Terbaru

LD player terbaru kini menggunakan Android versi 7.1, Android versi ini mungkin terlalu berat jika dijalankan pada PC yang kamu pakai jika memiliki keterbatasan pada spesifikasi seperti CPU dan RAM.

Agar tidak Lag, coba gunakan LDplayer yang menggunakan Android versi 5.1 ukurannya jauh lebih kecil dibanding Versi 7.1 yaitu hanya 302 MB saja.

LDplayer Versi Android 5.1 Ukurannya hanya 302.53 MB
LDplayer Versi Android 5.1 Ukurannya hanya 302.53 MB

Atau jika PC kamu sudah menggunakan CPU yang mendukung 64-bit dan memiliki RAM yang banyak, coba gunakan LD Player versi 64-bit agar resource yang bisa digunakan dapat ditingkatkan sesuai kemampuan PC kamu.

2. Setelah instalasi LDPlayer selesai, tekan tombol start dan sesuaikan pengaturan.

cara setting ldplayer agar tidak lag
cara setting ldplayer agar tidak lag

Agar tidak lag, pastikan kamu menggunakan resolusi Versi HP sehingga resolusi maksimalnya tidak terlalu tinggi. Coba gunakan resolusi dibawah 1080×1920 dan lihat apakah performa emulator LDplayer membaik?.

Pada bagian CPU, sangat disarankan menggunakan semua jumlah core yang ada pada CPU yang dimiliki oleh PC kamu, namun jika LDplayer lag, mungkin kamu menggunakan CPU dibawah core yang disarankan coba gunakan 2 core terlebih dulu.

Pada bagian RAM, secara otomatis LDplayer menggunakan jumlah yang disarankan, namun jika kamu memiliki kapasitas RAM yang berlebih, kamu bisa menaikannya diatas jumlah yang disarankan sehingga alokasi memory untuk android pada LDplayer jauh meningkat.

Untuk pengaturan lain biarkan default.

3. Jika LDPlayer Tidak Mau Berjalan (Layar Hitam / Black Screen), aktifkan VT (Virtualization Technology) pada BIOS.

Cara mengaktifkan Virtualization Technology berbeda-beda pada setiap PC karena memiliki jenis BIOS yang berbeda-beda juga.

Namun secara umum untuk mengaktifkan Virtualization Technology pada PC adalah dengan masuk ke dalam bios (menekan tombol F1, F2, F10, Delete, Esc, atau kombinasi tombol seperti Ctrl + Alt + Esc atau Ctrl + Alt + Delete pada saat menyalakan komputer)

Lalu cari pengaturan CPU Configuration > Virtualization Technology : Enabled. Berikut ini contoh pada PC saya ketika mengaktifkan Virtualization Technology:

Solusi LDPlayer Layar Blank Hitam - Aktifkan Virtualization Technology Pada BIOS
Solusi LDPlayer Layar Blank Hitam – Aktifkan Virtualization Technology Pada BIOS

Untuk mengetahui apakah VT sudah aktif pada LDPlayer adalah dengan membuka menu berikut ini:

Cara Mengktifkan VT LDPlayer
Cara Mengktifkan VT LDPlayer

Jika setelah VT diaktifkan namun tetap black screen, coba jalankan LDPlayer melalui LDMultiPlayer dan pastikan konfigurasi hardware sudah sesuai dengan petunjuk di langkah ke 2.

Jangan lupa juga untuk menonaktifkan Root pada LDPlayer karena beberapa game akan tidak bisa dimainkan apabila kamu mengaktifkan akses Root pada emulator ini.


Jika dengan mengubah dan menyesuaikan setingan LDPlayer agar tidak lag namun LDPlayer masih tidak berjalan dengan optimal, saran terakhir dari saya adalah menggunakan Android Emulator Ringan lain atau mencoba menggunakan Android-x86 yang tutorial penggunaannya sudah dibuat pada artikel sebelumnya.

Bagikan artikel diatas ke social media:

Editorial Editorial Article

Bekerja di industri media online sejak 2015. Suka dan mendalami dunia komputasi secara umum. Mahir dalam PHP, WordPress dan sedang memperdalam Python. Lulus dari Sekolah Menengah Atas yang berfokus pada Teknologi / Teknisi Teknik Komputer dari Sekolah Menengah Kejuruan Merdeka lalu sempat mencoba melanjutkan kuliah jurusan Teknik Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Saat ini fokus menulis dan mendirikan ITnesia.com sejak 2017.