WiFi Rumah Unlimited

5 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang WiFi Di Rumah

5 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang WiFi Di Rumah

Pasang WiFi atau layanan internet di Rumah sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat kita hari ini.

Provider atau penyedia layanan internet di Indonesia juga makin hari semakin banyak.

Sayangnya masih banyak konsumen yang merasa kecewa bahkan merasa tertipu setelah berlangganan layanan internet di rumahnya.

Jika kamu berencana untuk menggunakan layanan WiFi di rumah, ada baiknya untuk membaca 5 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang WiFi Di Rumah berikut ini:

1. Tanya Pengalaman Pengguna Lain

Kenali Kualitas Layanan

Kenali Kualitas Layanan

Sebelum kamu memutuskan untuk berlangganan layanan internet di rumah kamu, wajib hukumnya untuk mengetahui seberapa baik kualitas dar layanan yang akan kamu pilih.

Kamu bisa tanya ke tetangga atau teman kamu yang sudah memakai layanan internet yang hendak kamu pilih.

Review di Internet juga bisa jadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya kamu memutuskan berlangganan layanan internet dari ISP tertentu.

Kami sebelumnya juga sudah pernah mereview layanan internet dari MNC Play berikut ini: Review MNC Play Media Setelah 1 Tahun Penggunaan (2019)

Namun perlu di ingat bahwa kualitas sebuah layanan internet dipengaruhi oleh kualitas jaringan sehingga setiap wilayah akan berbeda-beda.

Jadi pastikan kamu sudah paham bagaimana kualitas layanan internet yang hendak kamu pilih di daerah tempat tinggal kamu.

2. Pastikan Kantor Layanan Mudah Dihubungi

Pastikan Kantor Layanan ISP Mudah Dijangkau

Pastikan Kantor Layanan ISP Mudah Dijangkau

Tidak ada yang lebih baik ketimbang layanan internet yang sangat cepat respon atau penanganannya terhadap keluhan konsumen.

Pilihlah layanan internet untuk rumah yang kantor cabangnya dekat dengan rumah kamu.

Dengan demikian, jika terjadi gangguan layanan internet atau keluhan, kamu bisa dengan mudah melaporkannya secara langsung.

3. Jangan Terlalu Nurut Dengan Apa Kata Sales

Sales Indihome

Sales Indihome

Biasanya tujuan sales adalah memenuhi target penjualan perusahaan, bukan memberikan apa yang konsumen inginkan.

Jadi jangan heran jika sales selalu terkesan memaksa kamu untuk memilih paket yang ia rekomendasikan.

Dengan berbagai macam alasan seperti “jauh lebih murah” hingga iming-iming diskon pun akan sales lakukan guna konsumen mau termakan oleh omongannya.

Jadi ketika kamu sudah tahu paket internet mana yang hendak kamu gunakan, fokus lah pada paket tersebut dan jangan mudah berkata iya ketika sales menawarkan promo dan lain sebagainya.

Banyak sekali konsumen yang merasa tertipu setelah beberapa bulan berlangganan layanan internet.

Contohnya tagihan yang tiba-tiba membengkak, ternyata tagihan membengkak ini adalah harga setelah promo yang secara tidak sadar konsumen iya-kan ketika pendaftaran.

4. Baca Syarat, Ketentuan dan Perjanjian Dengan Seksama

Syarat Dan Ketentuan Layanan Internet

Syarat Dan Ketentuan Layanan Internet

Biasanya, konsumen yang asal tanda tangan ketika melakukan pendaftaran layanan internet akan merasa tertipu dikemudian hari.

Pastikan kamu membaca dan memahami semua tulisan yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan layanan.

Beberapa kali kami sering dengar keluhan salah satu pengguna layanan internet seperti “Internetnya selalu pelan kalau udah akhir bulan”.

Pedahal internetnya pelan karena Fair Usage Policy nya sudah mentok, dan secara otomatis kecepatan internetnya akan menurun.

Lalu ada juga yang setiap tanggal 21, mengeluh internetnya tidak bisa dipakai, pedahal dalam syarat dan ketentuannya sudah jelas bahwa setiap pelanggan yang belum membayar tagihan hingga tanggal 20 setiap bulannya, maka layanan akan terisolir.

Dan yang tidak kalah banyaknya adalah keluhan pelanggan yang terkena denda ketika hendak berhenti berlangganan. Pedahal dalam syarat dan ketentuan yang dia sudah setujui disitu tertulis jelas denda yang diberikan jika pelanggan berhenti sebelum jangka waktu tertentu.

Dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lain yang timbul akibat ketidak pahaman konsumen akan syarat dan ketentuan layanan yang mereka gunakan.

5. Bayar Tepat Waktu

Bayar Tepat Waktu

Bayar Tepat Waktu

Nah ini yang paling penting, pastikan kamu memiliki cukup uang setiap bulannya agar bisa membayar tepat waktu.

Konsumen awam biasanya kewalahan ketika sudah jatuh tempo, namun uangnya belum ada. Ujung-ujungnya mengeluh karena denda hingga pemutusan layanan.

Jadi pastikan kamu selalu menyiapkan dana sebelum tanggal jatuh tempo ya.

Kurang lebih itu lah 5 hal dasar yang wajib kamu perhatikan sebelum berlangganan layanan internet.

Tentang penulis

Giswara Darusman

Founder dan penulis di Itnesia.com sejak 2017.

Punya Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar berikut ini: