Rakit PC

3 Tips Memilih Motherboard Biar Gak Salah Beli

Apakah kamu bingung ketika memilih motherboard yang akan digunakan pada PC Rakitan kamu? Apakah ini pertama kalinya kamu merakit komputer sehingga kamu masih kurang begitu mengerti tipe-tipe motherboard? Jangan khawatir, kali ini kita akan bahas beberapa Tips memilih motherboard tahun 2018/2019.

Pada artikel ini, kamu akan belajar agar bisa mengetahui bagaimana cara memilih motherboard yang baik. Motherboard AMD dan Intel akan dibahas pada artikel ini, jadi kamu tidak perlu takut. Baca Juga: Pilih Intel Atau AMD? Mana Processor Terbaik.

1. Tips Memilih Motherboard Untuk AMD

Untuk memilih motherboard mana yang cocok dengan processor AMD yang akan kamu pakai, kamu hanya perlu mengetahui tipe soket yang processor kamu gunakan.

Contohnya sekarang saya akan menggunakan Processor AMD Ryzen 3 2200g, dan informasi dari website resmi amd adalah sebagai berikut:

Tips Memilih Motherboard AMD Ryzen 3 2200g

Spesifikasi AMD Ryzen 3 2200g

Dari informasi diatas bisa kita ketahui bahwa:

  1. Soket yang digunakan adalah AM4.
  2. Mendukung memory DDR4, dual channel dan dengan kecepatan maksimal 2993MHz.
  3. Processor ini sudah memiliki fitur: AMD SenseMI Technology, AMD, VR Ready Processors, AMD Ryzen™ Master Utility, Enmotus, FuzeDrive™ for AMD Ryzen™, Radeon™ Software dan Radeon™ FreeSync Technology.
  4. Juga dukungan Display Port dan HDMI

Dari ke 4 informasi diatas, maka kamu tinggal mencari motherboard yang setidaknya memiliki soket AM4 dan mendukung memory DDR4 hingga 2993Mhz. 

Setelah mengetahui motherboard yang sesuai dengan processor yang kamu gunakan, kamu akan menemukan bahwa ada banyak sekali motherboard dengan soket AM4 dan kamu akan bingung untuk memilih yang mana bukan?

Saran dari kita, pilihlah motherboard yang mendukung fitur dari processor yang sudah dituliskan diatas dan juga memiliki port display yang sesuai dengan dukungan processor yang kamu pilih.

Dengan demikian, kamu bisa menikmati semua fitur-fitur istimewa dari processor kamu dan processor tersebut bisa bekerja dengan maksimal.

Lalu langkah terakhir kamu bisa memilih harga motherboard yang sesuai dengan budget kamu.

Baca Juga: Rakit PC Gaming Murah 2018 Cuma 5 Jutaan

2. Tips Memilih Motherboard Untuk Intel

Jika motherboard AMD ditentukan dari tipe soketnya, untuk platform Intel, kamu bisa memilih motherboard berdasarkan dukungan generasi processornya.

Processor Intel selalu hadir dengan code-name processor seperti Kabylake, Coffeelake, Cannonlake dan masih banyak lagi. Sebagai contoh, saya sekarang akan merakit sebuah PC menggunakan processor Intel Core i7 8700K, dan berikut spesifikasi lengkapnya dari situs resmi Intel:

Tips Memilih Motherboard Intel Core i7 8700K

Spesifikasi Intel Core i7 8700K

Dari informasi diatas, kita mengetahui bahwa Intel Core i7 8700K adalah processor generasi ke 8 dengan codename Coffeelake.

Artinya kamu harus mencari motherboard dengan dukungan Processor Generasi Ke 8 Coffeelake. Hampir semua produsen Motherboard akan mencantumkan tulisan “For Intel 8th gen atau Coffeelake” pada halaman produknya.

Langkah yang perlu kamu lakukan selanjutnya dalam memilih motherboard untuk processor ini sama seperti sebelumnya yaitu:

  • Pilihlah motherboard yang setidaknya mendukung kecepatan memory yang dimiliki oleh processor.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan dan Budget mengingat harga motherboard intel sedikit lebih mahal dibanding motherboard AMD.
  • Motherboard Gaming vs Motherboard Biasa

3. Pilih Motherboard Gaming Atau Motherboard Biasa

Ketika kamu sedang memilih-milih motherboard, kamu pasti menemukan bahwa ada beberapa motherboard dengan embel-embel gaming. Apa sih kelebihan atau keuntungan dari menggunakan Motherboard Gaming?

Sebetulnya kalau mau membahas Motherboard Gaming vs Motherboard Biasa (Non-Gaming) kita harus buatin satu artikel terpisah yang khusus membahas perbedaannya.

Namun sebagai pelengkap, sekalian saja dibahas secara singkat disini.

Motherboard Gaming punya dukungan overclock yang lebih baik.

Namanya saja sudah gaming, berarti bisa bikin game berjalan dengan lebih baik kan? Jawabannya bisa ya bisa tidak, ya jika kamu melakukan overclock, maka dari itu Motherboard Gaming biasanya punya fitur dan dukungan Overclok yang lebih stabil dibanding Motherboard Biasa.

Motherboard Gaming memakai komponen elektronik yang lebih baik.

Didalam sebuah motherboard, kamu akan menemukan banyak sekali komponen elektronik. Biasanya pada motherboard gaming, produsen menggunakan kapasitor berkualitas untuk memastikan performa motherboard tetap terjaga terutama pada bagian Audio untuk memberikan performa dan kualitas audio lebih jernih ketika bermain game.

Tips Memilih Motherboard Kapasitor Motherboard Gaming

Kapasitor Motherboard Gaming

Selain kapasitor dan komponen elektronik kecil lainnya, pada motherboard gaming biasanya memiliki VRM (Voltage Regulator Module) yang jauh lebih stabil dibanding motherboard biasa. VRM ini yang menyuplai listrik ke processor, ram dan komponen lain dan sangat menentukan stabilitas overclock yang hendak dilakukan.

Tips Memilih Motherboard VRM Motherboard Gaming

VRM Motherboard

Motherboard Gaming Punya Dukungan Watercooling System Dan Fan Header Lebih Banyak

Karena Motherboard Gaming menjanjikan performa yang lebih baik ketimbang motherboard biasa, maka pada motherboard gaming biasanya sudah water cooling ready.

Pada motherboard dengan fitur water cooling akan ada lapisan tipis yang menjaga motherboard dari cipratan air (untuk jaga-jaga) selain itu kamu akan menemukan Header / Colokan untuk pompa air dan Fan Header yang lebih banyak dibanding motherboard biasa sehingga kamu bisa menjaga suhu motherboard dan komponen lain lebih stabil dengan kipas yang lebih banyak dan dapat diatur kecepatannya melalui BIOS atau Software.

Motherboard Gaming Bling-Bling

Bling-Bling hehe, ya pasti kamu sudah tau kalau motherboard gaming punya banyak LED Lighting yang bisa nyala warna-warni dan fungsi dari LED ini tentu akan meningkatkan FPS dan Performa Gaming kamu sampai 10000% *bercanda.

Apakah Motherboard Gaming memberikan performa yang lebih baik? Lihat pada video dibawah ini:

Nah itulah tadi sedikit tips untuk memilih motherboard agar tidak salah pilih. Jika kamu mempunyai pertanyaan atau kebingungan ketika mencari motherboard, maka kamu bisa bertanya lewat kolom komentar dibawah oke?

Tentang penulis

gissagiswara

Punya Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar berikut ini: