Rakit PC

Motherboard Gaming VS Motherboard Biasa Apa Bedanya?

Motherboard Gaming VS Motherboard Biasa

Ketika kamu hendak merakit sebuah PC, tentu kamu akan menemukan bahwa motherboard gaming mempunyai harga yang lebih mahal dibanding motherboard biasa.

Lalu apa yang membuat motherboard gaming berbeda dengan motherboard biasa (non-gaming)?

Pada artikel kali ini, Itnesia akan mengupas beberapa perbedaan Motherboard Gaming VS Motherboard Biasa.

Baca Juga: Perbedaan SSD vs HDD Mana Yang Lebih Baik?

Apa itu Motherboard Gaming?

Motherboard gaming adalah tipe motherboard yang dipasarkan oleh produsen motherboard untuk menarik pc builder dari kalangan gamer.

Pada dasarnya, semua motherboard bisa digunakan untuk merakit sebuah PC Gaming. Hanya saja pada motherboard gaming, kamu biasanya mendapatkan beberapa fitur yang tidak ditemukan pada motherboard biasa.

Lalu apa saja perbedaan fitur Motherboard Gaming VS Motherboard Biasa? berikut ini penjelasannya

Perbedaan Mendasar Motherboard Gaming vs Motherboard Biasa

Secara umum, motherboard gaming memiliki perbedaan dengan motherboard biasa pada dua aspek yaitu Desain dan Komponen yang digunakan.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Motherboard Biar Gak Salah Beli

Desain

Motherboard gaming biasanya menawarkan desain yang lebih menarik dan “keren” jika dibandingkan dengan motherboard biasa.

Biasanya perbedaan desain yang paling terasa ada pada heat-sink, coating papan pcb dan lighting.

Motherboard gaming yang ada dipasaran saat ini dipastikan memiliki desain heat-sink yang lebih besar dibanding motherboard biasa, dengan heat-sink yang besar, maka komponen yang ada di motherboard akan jauh lebih baik suhunya.

Motherboard Gaming VS Motherboard Biasa - Asus Z270-K Kanan merupakan motherboard non-gaming sedangkan Asus ROG Z270E Gaming merupakan motherboard gaming

Asus Z270-K Kanan merupakan motherboard non-gaming sedangkan Asus ROG Z270E Gaming merupakan motherboard gaming

Selain itu, motherboard gaming biasanya hadir dengan fitur overclock sehingga voltage regulator module nya akan bekerja jauh lebih tinggi dibanding motherboard biasa, maka heatsink besar adalah sesuatu yang wajib.

Lalu pada motherboard gaming, biasanya cat atau coating yang ada pada papan pcb motherboard akan terlihat jauh lebih rapih dibanding motherboard biasa.

Lapisan ini bukan sekedar estetika saja, namun beberapa motherboard juga menggunakan coating khusus agar motherboard gaming bisa menggunakan water cooling tanpa takut motherboard rusak karena terkena cipratan air.

Perbedaan desain lain yang paling terasa adalah lighting, ya motherboard gaming pasti memiliki RGB LED tertanam dipapan pcbnya. Fungsinya hanya untuk estetika saja.

Baca Juga: Pilih Intel Atau AMD? Mana Processor Terbaik

Komponen

Seperti komponen versi “gaming” lainnya, komponen yang digunakanlah yang membuat motherboard gaming berbeda dengan motherboard biasa.

Pada motherboard gaming, komponen elektronik seperti kapasitor, voltage regulator module, mosfet dan komponen lainnya biasanya menggunakan komponen dengan kualitas diatas rata-rata.

Dengan menggunakan komponen yang jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan apa yang digunakan pada motherboard biasa, maka diharapkan suplai listrik ke semua peripheral yang tertancap pada motherboard bisa maksimal.

Motherboard Gaming VS Motherboard Biasa - Kanan Merupakan Foto Capasitor pada motherboard gaming sedangkan kiri merupakan foto capasitor pada motherboard biasa

Kanan Merupakan Foto Capasitor pada motherboard gaming sedangkan kiri merupakan foto capasitor pada motherboard biasa

Selain itu, komponen elektronik berkualitas juga menjamin durabilitas yang tinggi sehingga motherboard gaming diharapkan mampu bertahan lebih kuat dibanding motherboard biasa.

Baca Juga: Power Supply Komputer Terbaik (PSU Tier List 2019 Indonesia)

Seperti yang dituliskan pada bagian sebelumnya, bahwa motherboard gaming biasanya hadri dengan fitur overclok. Maka dengan komponen elektronik yang baik, stabilitas sistem ketika sedang overclocking juga akan stabil.

Tentunya jika didukung oleh power supply yang sama-sama menggunakan komponen elektronik yang baik juga.

Sebetulnya masih banyak perbedaan antara motherboard gaming dengan motherboard biasa, namun jika dibahas semua tentu artikel ini akan sangat panjang jadinya.

Untuk itu, saya hanya membahas beberapa point krusial saja yang sangat membedakan antara motherboard gaming VS motherboard biasa.

Tentang penulis

Giswara Darusman

Founder dan penulis di Itnesia.com sejak 2017.

Punya Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar berikut ini: