Tutorial Windows

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows Secara Permanen atau Sementara

Cara menonaktifkan Windows Defender pada sistem operasi Windows 7 sangatlah mudah. Jika pada tutorial sebelumnya ITnesia membahas Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10kali ini kami akan menuliskan langkah-langkah mudah untuk mendisable Windows Defender di Windows 7.

Langkah dibawah ini akan mematikan sistem perlindungan Virus dan Spyware pada komputer kamu. Windows Defender sangat direkomendasikan untuk tetap digunakan agar Windows 7 tetap bekerja dengan maksimal, karena Windows Defender merupakan salah satu Security Essential Software pada Windows 7.

Namun jika kamu tetap ingin menonaktifkan Windows Defender di Windows 7, maka berikut ini langkah-langkah yang harus kamu tempuh. Jangan takut caranya mudah kok!!

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 7

  1. Tekan tombol atau menu Windows di pojok kanan layar dan ketik defender pada kotak penelusuran. Pilih Windows Defender dari list yang muncul diatasnya.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7
  2. Pilih menu Tools pada halaman utama pengaturan Windows Defender.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 2
  3. Lalu pilih Options.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 3
  4. Pada menu sebelah kiri, pilih Administrator.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 4
  5. Lalu hilangkan tanda centang dari kotak Use this program.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 5
  6. Tekan Yes ketika muncul jendela User Account Control.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 6
  7. Dan sekarang Windows Defender pada Windows 7 telah non-aktif. Jika ingin mengaktifkannya kembali, gunakan langkah diatas dan centang kembali pada Use this program.
    Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 7

Untuk memeriksa apakah Windows Defender sudah nonaktif atau belum, kamu bisa membka Task Manager lalu pilih tab services, maka tampilannya akan seperti foto dibawah ini:

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 7 8

Pada sistem operasi Windows 7 , ketika kamu menonaktfikan Windows Defender, anti virus tersebut akan benar-benar mati dan tidak akan kembali bekerja kecuali kamu mengaktifkannya kembali melalui cara yang sama seperti pada langkah-langkah diatas. Berbeda dengan Windows 10 dimana pada sistem operasi tersebut, Windows Defender akan kembali berjalan setelah dimatikan kecuali kamu mematikannya melalui Regedit atau Policy Editor.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 8 (Mudah)

Jika kamu tidak terbiasa membaca tutorial dalam bentuk tulisan, maka berikut ini ada sebuah video yang isinya sama dengan langkah-langkah diatas.

Baca Juga:

Begitulah caranya bagaimana mematikan Windows Defender pada sistem operasi Windows 7. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan pemahaman kepada kamu yang hendak menonaktifkan anti virus bawaan Windows 7. Jika kamu mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar!

Tentang penulis

Giswara Darusman

Founder dan penulis di Itnesia.com sejak 2017.

Punya Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar berikut ini: