Beranda > Tips Trik WiFi & Internet > Cara Mengamankan WiFi

Cara Mengamankan WiFi

Jaringan WiFi yang digunakan untuk mengakses layanan internet kini seolah-olah menjadi komoditas yang sangat berharga.

Banyak orang mencari bagaimana cara bobol WiFi tetangga atau cara mengetahui password WiFi tetangga.

Ini menunjukkan bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia di luar sana yang ingin menikmati fasilitas Internet gratis tanpa etika dan sopan santun.

Untuk itu kali ini ITnesia khusus memberikan tutorial bagaimana cara mengamankan WiFi di rumah agar tidak di bobol oleh tetangga.

Cara Mengetahui WiFi Kita Dibobol Tetangga Atau Orang Lain

Untuk mengetahui apakah WiFI kita dibobol orang lain atau tidak, kamu bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi melalui halaman konfigurasi Router, contohnya seperti pada router Huawei HG8245H berikut ini:

Cara Mengetahui WiFi Kita Dibobol Tetangga Atau Orang Lain Melalui Halaman Konfigurasi Router Huawei HG8245H
Daftar perangkat yang terkoneksi dengan Router Huawei HG8245H

Setelah itu kamu periksa apakah ada perangkat asing yang muncul pada aplikasi tersebut? Misalnya ada sebuah smartphone dengan tipe Samsung padahal di rumah kamu tidak ada smartphone dengan tipe tersebut, maka WiFi kamu sudah dibobol orang lain.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi WiFI Thief Detector untuk mencari tahu perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan WiFi.

6 Cara Ampuh Menghindari WiFi Dibobol Tetangga

ITnesia tidak akan pernah memberikan tutorial cara bobol WiFi tetangga karena tahukah kamu bahwa membobol WiFi tetangga adalah tindakan yang melanggar hukum?

Pada Pasal 22 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi Poin A, menyatakan bahwa:

Setiap orang dilarang melakukan perbuatan tanpa hak, tidak sah, atau memanipulasi akses ke jaringan telekomunikasi.

Dan berdasarkan Pasal 50 UU Telekomunikasi, setiap orang yang melakukan pelanggaran terhadap UU tersebut dapat dikenakan sanksi penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp 600 juta.[1]

Untuk itu agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini kiat-kiat yang bisa kamu tempuh agar fasilitas Internet berbasis WiFi di rumah kamu tidak dicuri orang lain:

1. Ganti Password WiFi Secara Rutin

Halaman Konfigurasi Password WiFi Pada Router FiberHome IndiHome
Halaman Konfigurasi Password WiFi Pada Router FiberHome IndiHome

Mengganti password WiFi adalah cara yang paling mudah dan sederhana untuk memperkecil kemungkinan fasilitas internet kamu dicuri oleh tetangga melalui jaringan WiFi.

Cara mengganti password WiFi sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah pernah saya tulis pada artikel: Cara Mengganti Password WiFi.

Jangan lupa untuk mengganti password WiFi setidaknya 1 minggu sekali terutama setelah kamu membagikan password WiFi kamu ke teman atau tetangga kamu.

Gunakan password WiFi yang sulit untuk ditebak oleh orang lain namun mudah diingat oleh kamu.

2. Sembunyikan SSID

Cara Menyembunyikan SSID WiFi Agar Tidak Diketahui Tetangga
Pada Router Huawei HG8245H, kita bisa menyembunyikan SSID dengan menonaktifkan Broadcast SSID

SSID atau service set identifier biasa disebut nama WiFi oleh sebagian orang, bisa kamu sembunyikan sehingga jaringan WiFi kamu tidak terdeteksi pada perangkat seperti Laptop atau Smartphone Android.

Cara menyembunyikan SSID juga sangat mudah sama seperti mengganti password WiFi kamu hanya perlu mengakses halaman konfigurasi router WiFi kamu dan mengaktifkan fitur hide SSID.

Setelah SSID disembunyikan, setiap perangkat yang hendak terhubung ke jaringan nirkabel ini harus memasukan nama SSID dan password sehingga tetangga kamu akan kebingungan karena selain tidak mengetahui password WiFi kamu, mereka juga tidak mengetahui apa SSID nya.

3. Blokir Pengguna WiFi Yang Tidak Dikenal

Cara Memblokir Pengguna WiFi Indihome (Fiberhome) - Penambahan MAC Address
Memblokir Pengguna WiFi Indihome (Fiberhome) dengan memasukan MAC Address kedalam sebuah filter blacklist.

Jika karena satu dan lain hal jaringan WiFi kamu sudah terlanjur banyak diketahui oleh tetangga kamu dan kamu sebenarnya merasa keberatan karena bandwidth internet kamu disedot terus-terusan oleh tetagga kamu namun kamu orang nya tidak enakan untuk sekedar mengganti password WiFi atau menyembunyikan SSID, kamu bisa memblokir mereka tanpa harus mengubah password atau menyembunyikan SSID.

Dengan memblokir perangkat tertentu pada pengaturan router WiFi, SSID WiFi kamu masih tetap ada dan bisa dilihat oleh tetangga kamu.

Password nya pun masih bisa digunakan, namun mereka tidak akan pernah berhasil terhubung ke jaringan WiFi karena sesaat setelah mereka terhubung ke jaringan WiFi milik kamu, mereka akan langsung terputus seketika karena MAC Address perangkat mereka sudah diblokir.

Jika kamu ingin melakukan ini, silakan baca artikel Cara Memblokir Pengguna WiFi, pada artikel tersebut dijelaskan langkah-langkah memblokir pengguna WiFi yang tidak dikenal dengan mudah dan jelas.

4. Blokir Akses Halaman Konfigurasi Router

Mengganti Password Login Ke Halaman Konfigurasi Router
Mengganti Password Login Ke Halaman Konfigurasi Router

Halaman Konfigurasi Router menyimpan informasi dan pengaturan-pengaturan penting yang harus dipastikan tidak bisa diakses oleh tetangga kamu.

Jika tetangga kamu menumpang di jaringan WiFi milik kamu, dan kamu membiarkan halaman konfigurasi router bisa diakses oleh siapa saja, maka tetangga kamu bisa mengganti password WiFi, membuat sebuah jaringan WiFi baru bahkan merestart dan mematikan jaringan internet dari router WiFi kamu.

Beberapa router memiliki halaman konfigurasi yang hanya bisa diakses dari jaringan kabel, sehingga tetangga kamu yang numpang internet-an lewat jaringan WiFi tidak bisa melakukan login ke dalam halaman ini.

Jika Router kamu tidak memiliki fitur ini, kamu bisa mengganti password default dari router kamu karena router pada umumnya memiliki password yang lemah seperti user: admin password: admin.

5. Kurangi Jarak Jangkauan Sinyal WiFi

Cara Membatasi Jarak Jangkauan WiFi - Halaman Konfigurasi WiFi Power Control
Halaman Konfigurasi WiFi Power Control, pada gambar diatas saya mengubahnya ke angka 40% sehingga jarak WiFi akan berkutang sebanyak 60% dari pengaturan pabrik.

Router WiFi pada umumnya memiliki pengaturan transmission power yang gunanya adalah mengatur seberapa kuat transmisi pada sinyal nirkabel yang dihasilkan router.

Kamu juga bisa mengurangi jarak jangkauan Sinyal WiFi dengan meletakan router WiFi kamu pada posisi yang paling jauh dari rumah tetangga kamu.

Menggabungkan pengaturan transmission power dan penempatan router WiFi yang jauh dari tetangga bisa membuat tetangga kamu kesulitan untuk memperoleh sinyal WiFI yang cukup sehingga mereka berhenti mencuri WiFi kamu.

Cara mengurangi jarak jangkauan WiFi sudah dibahas dan bisa kamu ikuti pada artikel Cara Membatasi Jarak Jangkauan WiFi.

6. Batasi Jumlah Pengguna WiFi

Cara Membatasi Pengguna WiFi Fiberhome - Masuk ke halaman Network Wlan Settings WiFi Control
Halaman WiFi Control untuk membatasi jumlah pengguna WiFi pada modem/router Fiberhome

Membatasi jumlah pengguna WiFi merupakan solusi jitu dan pasti ampuh untuk menangkal tetangga kamu yang punya niat untuk bobol WiFi kamu.

Misalnya di rumah kamu ada 7 perangkat yang terhubung ke WiFi, maka kamu bisa mengakses halaman konfigurasi router WiFi kamu agar hanya bisa digunakan oleh 7 perangkat saja.

Dengan demikian ketika tetangga kamu yang sudah tahu password WiFi kamu mencoba terhubung ke dalam jaringan WiFi kamu, mereka akan tidak pernah bisa terhubung karena WiFi kamu hanya bisa melayani 7 perangkat saja.

Untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi, silakan ikuti langkah-langkah yang dituliskan pada artikel berikut Cara Membatasi Pengguna WiFi.

Rujukan

[1] Jerat Hukum Bagi Pencuri Akses Internet Nirkabel (Wi-Fi) – HukumOnline.Com. Diakses tanggal 27 Februari 2021.

Bagikan artikel diatas ke social media:

Editorial Editorial Article

Bekerja di industri media online sejak 2015. Suka dan mendalami dunia komputasi secara umum. Mahir dalam PHP, WordPress dan sedang memperdalam Python. Lulus dari Sekolah Menengah Atas yang berfokus pada Teknologi / Teknisi Teknik Komputer dari Sekolah Menengah Kejuruan Merdeka lalu sempat mencoba melanjutkan kuliah jurusan Teknik Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Saat ini fokus menulis dan mendirikan ITnesia.com sejak 2017.