BerandaAndroidCara Cek IMEI Xiaomi

Cara Cek IMEI Xiaomi

Melihat IMEI Xiaomi adalah salah satu cara mengecek keaslian atau status HP Xiaomi resmi atau tidak.

Ketika kamu membeli sebuah smartphone Xiaomi, kamu harus hati-hati karena banyak HP Xiaomi yang no IMEI nya tidak terdaftar pada situs https://imei.kemenperin.go.id/.

HP Xiaomi yang tidak terdaftar pada situs kemenperin maka berisiko memiliki status HP tidak resmi dan biasanya sinyal telekomunikasinya akan diblokir dan tidak bisa menggunakan kartu seluler.

Lalu bagaimana cara cek IMEI Xiaomi dan memastikan status resmi dan keasliannya? Berikut ini bagaimana cara mengecek IMEI Xiaomi dengan mudah.

Cek IMEI Xiaomi Menggunakan Kode Telepon USSD

  1. Buka Dialer atau Phone pada smartphone Xiaomi kamu.Cek IMEI Xiaomi Menggunakan Kode Telepon USSD 1
  2. Masukan no telepon USSD *#06#.Telepon Nomor USSD *#06#
  3. Sebuah jendela pop-up akan muncul berisi MEID, IMEI1 dan IMEI2.Informasi IMEI Pada Smartphone Xiaomi dengan metode USSD
  4. IMEI1 dan IMEI2 merupakan nomor identitas dari slot sim card 1 dan 2.

Jika kamu menemukan kesulitan saat menggunakan kode telepon USSD *#06#, kamu bisa juga melihat IMEI melalui pengaturan telepon seperti berikut:

Cara Melihat IMEI Xiaomi Melalui Pengaturan

  1. Buka Settings atau pengaturan.Cara Melihat IMEI XIaomi Melalui Pengaturan
  2. Pilih About Phone atau Tentang ponsel.Buka Pengaturan Lalu Pilih Menu About Phone Atau Tentang Ponsel
  3. Gulir layar ke bagian bawah lalu pilih Status.Pilih Menu Status
  4. Semua informasi status berkaitan tentang HP Xiaomi kamu akan tertera di situ termasuk IMEI.Informasi IMEI Xiaomi Pada Halaman Status

Jika kamu sudah memeriksa IMEI Xiaomi melalui pengaturan telepon atau kode USSD, selanjutnya kamu bisa memeriksa kecocokan IMEI tersebut dengan IMEI yang tertera pada kardus bawaan HP Xiaomi atau stiker label yang ada pada bagian belakang HP Xiaomi.

Cara Mengecek IMEI XIaomi Pada Kardus Bawaan

  1. Ambil kardus bawaan HP Xiaomi yang hendak kamu cek IMEI nya lalu cari label stiker berisi informasi spesifikasi.
  2. Ada beberapa barcode pada label stiker informasi tersebut termasuk no IMEI.Cara Mengecek IMEI XIaomi Pada Kardus Bawaan
  3. Jika tidak ditemukan pada stiker tersebut, cari pada stiker yang melekat pada bagian belakang HP Xiaomi.Stiker Label Imei Pada Unit Smartphone Xiaomi
  4. Jangan lupa untuk mencocokkan No IMEI pada label stiker dengan yang tertera pada halaman Pengaturan atau USSD yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Jika kamu sudah mengetahui IMEI dari HP Xiaomi kamu, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa status resmi atau tidaknya dan juga keaslian dari HP Xiaomi yang kamu miliki dengan cara berikut ini:

Cara Cek HP Xiaomi Resmi Atau Tidak & Memeriksa Keasliannya

Cara Cek HP Xiaomi Resmi atau Tidak Secara Online

  1. Catat atau salin No IMEI Xiaomi kamu, jika terdapat dua buah IMEI pilih salah satu atau catat keduanya.
  2. Buka browser lalu kunjungi halaman https://imei.kemenperin.go.id/.
  3. Masukan No IMEI yang sudah dicatat ke dalam form pengisian lalu tekan tombol cari.
  4. Berikut ini contoh IMEI Xiaomi yang tidak terdaftar.Contoh IMEI Xiaomi Tidak Terdaftar Di Database Kemenperin
  5. Sedangkan jika IMEI Xiaomi kamu terdaftar akan muncul tampilan sebagai berikut:Contoh IMEI Xiaomi Yang terdaftar di database Kemenperin
  6. Jika server database kemenperin sedang gangguan seperti gambar berikut ini, silakan tunggu beberapa saat dan coba ulangi proses pengecekan IMEI.Cek Imei Kemenperin Mohon Ulangi Beberapa Saat Lagi

Jika setelah kamu cek IMEI pada situs kemenperin dan ternyata IMEI tidak terdaftar, jangan khawatir karena hanya ponsel BM atau yang dibeli atau dihidupkan setelah sistem CEIR beroperasi penuh yang akan di blokir jaringan seluler nya.[1]

Sistem CEIR diketahui mulai beroperasi sejak Selasa, 15 September 2020 Pukul 22.00 WIB.

Ini artinya, jika smartphone Xiaomi kamu IMEI nya tidak terdaftar pada situs kemenperin namun dibeli sebelum tanggal 15 September 2020, maka kamu tidak perlu takut akan di blokir jaringan selulernya.

Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu

  1. Siapkan IMEI HP Xiaomi yang hendak di periksa keasliannya.
  2. Kunjungi halaman Otentifikasi Produk Xiaomi lalu masukan IMEI atau nomor Seri.
  3. Setelah itu masukan juga kode verifikasi dan tekan tombol Verifikasi.Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu Melalui IMEI
  4. Berikut ini contoh ketika HP Xiaomi adalah asli.Contoh HP Xiaomi Asli
  5. Jika tidak muncul pemberitahuan seperti di atas, besar kemungkinan HP Xiaomi yang kamu miliki adalah palsu atau Rekondisi.

Rujukan

[1]IMEI Tak Terdaftar di Database Kemenperin, Harus Lakukan Apa? – CNBC Indonesia, Roy Franedya diakses pada tanggal 1 Maret 2021.

Bagikan artikel diatas ke social media:

Editorial Editorial Article

Bekerja di industri media online sejak 2015. Suka dan mendalami dunia komputasi secara umum. Mahir dalam PHP, WordPress dan sedang memperdalam Python. Lulus dari Sekolah Menengah Atas yang berfokus pada Teknologi / Teknisi Teknik Komputer dari Sekolah Menengah Kejuruan Merdeka lalu sempat mencoba melanjutkan kuliah jurusan Teknik Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Saat ini fokus menulis dan mendirikan ITnesia.com sejak 2017.